Teknologi lunak: Pengertian, Kegunaan dan contohnya

Konsep teknologi lunak

Konsep umum teknologi mengacu pada semua kumpulan pengetahuan, teknik dan prosedur yang, sebagai hasil dari kerangka teoritis dan ilmiah, dikembangkan dengan tujuan memajukan dan memodifikasi lingkungan di sekitar kita.

Bagian yang sedikit diketahui dari bidang ini adalah soft technology . Sepanjang artikel ini, kami akan menganalisis konsep ini, serta kemungkinan penerapannya dan beberapa contoh yang membantu kami memperjelas gagasan ini.

Apa itu teknologi lunak?

Konsep teknologi lunak (soft technology) adalah istilah yang relatif baru yang digunakan untuk mencakup seperangkat pengetahuan teknologi atau pengetahuan yang bersifat administratif, komersial dan organisasi .

Teknologi lunak mencakup pengetahuan, prosedur, metodologi, disiplin, keterampilan yang memungkinkan pengembangan produk dan layanan selanjutnya. Untuk alasan ini, konsep padanan dalam bahasa Inggris adalah “know how“, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “know how to do it“.

Konsep ini muncul berlawanan dengan istilah “hard technology”, yang mengacu pada teknologi yang ada di dunia material, yang berwujud.

Meskipun kedua konsep memiliki kesamaan hubungan dengan bidang ilmiah yang memungkinkan pengembangan teknologi baru, serta barang dan jasa, teknologi lunak adalah bagian yang tidak berwujud . Berkat dia, orang-orang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk beradaptasi dengan lingkungan teknologi atau organisasi secara efektif.

Sebagaimana wajar, tanpa teknologi lunak, yaitu, tanpa pengetahuan, teknologi keras tidak akan mungkin terjadi. Hal ini diperlukan untuk memiliki kapasitas kognitif sebelumnya yang membuat penciptaan dan kemajuan barang-barang ini menjadi kenyataan.

Tujuan utama dari teknologi lunak adalah untuk mencapai hasil terbaik dalam semua jenis organisasi, administrasi, korporasi atau perusahaan; dapat diterapkan di berbagai bidang seperti industri, badan pemerintah atau bidang pendidikan.

Melalui penciptaan dinamika dan prosedur yang efisien dalam semua bidang yang disebutkan di atas, teknologi lunak memungkinkan penggunaan sumber daya manusia perusahaan secara efektif, serta optimalisasi proses produksinya.

Akhirnya, teknologi lunak juga dapat digunakan dalam konteks politik dan pemerintahan. Pengetahuan tentang proses organisasi dan administrasi dapat mencapai semua jenis tujuan di bidang ini dalam waktu sesingkat mungkin dan memanfaatkan semua sumber daya.

Apa bedanya dengan teknologi keras?

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, teknologi lunak mengacu pada bagian tidak berwujud dari pengembangan barang dan jasa. Artinya, seperangkat pengetahuan yang diperlukan yang memungkinkan operasi dan kemajuan perusahaan dan organisasi. Pengetahuan ini biasanya dikaitkan dengan ilmu-ilmu seperti ilmu komputer, ekonomi, sosiologi dan psikologi .

Sebaliknya, teknologi keras adalah yang diasosiasikan oleh imajinasi kolektif orang dengan konsep teknologi. Ini mengacu pada aspek material dan nyata dari teknologi, termasuk yang memungkinkan transformasi material untuk produksi objek baru dan produk fisik akhir yang dikembangkan di perusahaan.

Ini berarti bahwa baik mesin yang memungkinkan produksi maupun produk akhir adalah bagian dari apa yang dikenal sebagai teknologi keras.

Apa kegunaan dan aplikasi yang dimilikinya?

Karena teknologi lunak merupakan seperangkat pengetahuan tentang serangkaian bidang tertentu, yang memungkinkan pengembangan dan kemajuannya, ada sejumlah besar tugas dan tugas tidak berwujud di mana mereka memainkan peran penting.

Beberapa area tersebut antara lain:

  • Administrasi Bisnis
  • Pendidikan
  • tugas akuntansi
  • Pengembangan perangkat lunak
  • Pemasaran
  • Organisasi
  • Psikologi Kerja
  • logistik produksi
  • Organisasi acara

Tujuan penerapan teknologi lunak adalah untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan, instansi pemerintah dan industri baik di tingkat operasional maupun organisasi. Dengan cara yang sama, teknologi lunak juga berupaya mengoptimalkan hubungan, dinamika, dan komunikasi di dalam setiap organisasi ini.

Akibatnya, terlepas dari apakah tujuan organisasi ini menguntungkan atau tidak, kumpulan pengetahuan dan wawasan ini akan memungkinkan peningkatan kinerja mereka, perolehan hasil yang lebih baik, dan, tentu saja, peningkatan keuntungan .

Contoh teknologi lunak

Untuk memperjelas apa sebenarnya teknologi lunak itu dan bagaimana penerapannya, kami menyajikan serangkaian contoh di bawah ini. Beberapa kasus atau prototipe teknologi lunak adalah:

1. Sumber daya manusia

Penciptaan departemen sumber daya manusia di mana pendekatan psikologis dan arus kerja digunakan, adalah salah satu contoh terbaik dari teknologi lunak.

Penggunaan pengetahuan dari bidang psikologi kerja dan organisasi untuk memilih tenaga kerja suatu perusahaan, serta ketika mengatur dan mengoptimalkan bagan organisasi tersebut, mencapai peningkatan potensi dan pertumbuhan organisasi.

2. Perangkat lunak komputer dan perangkat seluler

Dalam hal ini dapat dilihat bagaimana teknologi keras (perangkat elektronik atau perangkat keras) dan teknologi lunak (perangkat lunak) bekerja sama. Tanpa pengetahuan dan keterampilan mengelola perangkat elektronik, yang terakhir bahkan tidak akan ada; Tanpa pengetahuan, tidak mungkin mengembangkan sistem operasi yang memungkinkan teknologi keras menjadi mungkin.

3. Pemasaran Digital

Karena tujuan dari setiap bisnis adalah untuk meningkatkan keuntungan melalui penjualan barang atau produk, kemampuan untuk mempengaruhi pembeli potensial sangat penting. Di sinilah teknologi lunak hadir dengan sendirinya. Melalui pengetahuan psikologi konsumen, pemasaran dan periklanan, perusahaan dapat membujuk konsumen untuk mendukungnya.

4. Pengawetan makanan

Ada ilmu yang mempelajari dan menganalisis perkembangan dan degradasi pangan. Pengetahuan ini dapat diterapkan dalam industri makanan, serta di restoran, untuk memperpanjang masa manfaat makanan, melestarikannya selama mungkin, sehingga menghasilkan. profitabilitas yang lebih tinggi bagi perusahaan.

Ini hanyalah beberapa contoh di mana teknologi lunak memfasilitasi dan meningkatkan pengembangan perusahaan, organisasi, dan institusi.

 

Teknologi lunak: Pengertian, Kegunaan dan contohnya

You May Also Like

About the Author: Literasi