Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran Fauna di Indonesia

Ahli flora dan fauna Alfred Weber dan Wallace membagi wilayah fauna menjadi tiga bagian, yaitu fauna Asiatis, fauna Peralihan dan fauna Australis. Ketiganya dipisahkan oleh garis Weber dan garis Wallace.

Garis Weber adalah garis yang digambarkan oleh Weber untuk memisahkan habitat fauna tipe Australia dengan fauna tipe Peralihan, sedangkan garis Wallace adalah garis yang digambar oleh Wallace untuk memisahkan habitat fauna tipe Peralihan dengan fauna tipe Asia.

Persebaran Fauna di Indonesia

Pola persebaran fauna di Indonesia sama yaitu bagian Barat, faunanya mempunyai kemiripan dengan fauna Asia, di bagian Timur faunanya mirip dengan fauna di Australia dan diantara keduanya daerah tadi, faunanya merupakan fauna daerah peralihan.

Hal tersebut dimungkinkan karena pada zaman es Indonesia pernah menyatu dengan Asia dan Australia. Pada masa itu Indonesia menjadi jembatan persebaran hewan dari Asia dan Australia. Sekarang kita membahas mengenai jenis-jenis dan persebaran fauna di Indonesia

1. Fauna Asiatis

Fauna ini tersebar di bagian Barat yang meliputi Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Daerah ini juga disebut daerah fauna dataran Sunda Fauna Asiatis antara lain adalah: gajah India di Sumatera, harimau terdapat di Jawa, Sumatera, Bali, badak bercula dua di Sumatera dan Kalimantan, badak bercula satu di Jawa, orang utan di Sumatera dan Kalimantan.

Hal yang menarik adalah di Kalimantan tidak terdapat harimau dan di Sulawesi terdapat binatang Asiatis seperti monyet, musang, anoa dan rusa. Di Nusa Tenggara terdapat sejenis cicak terbang yang termasuk binatang Asia.

Fauna endemik di daerah adalah, badak bercula satu di Ujung Kulon Jawa Barat, beso Nias di Kabupaten Nias, Bekantan/Kera Belanda dan Orang Utan di Kalimantan.

2. Fauna peralihan

Fauna Peralihan tidak memiliki kesamaan dengan fauna di Asia ataupun fauna di Australia. Fauna tipe Peralihan umumnya berada di wilayah pulau Sulawesi, kepulauan Maluku, dan Nusa Tenggara. Jenis hewan tipe ini antara lain komodo, anoa, babi, rusa, burung malio dan burung kakak tua.

3. Fauna Australis

Fauna Australis memiliki kesamaan dengan fauna yang ada di benua Australia. Jenis hewan tipe ini banyak hidup di wilayah Indonesia bagian Timur, Maluku bagian timur, dan irian. Jenis hewan tipe Australis antara lain burung cendrawasih, nuri raja, kanguru, kuskus, musang berkantung.

 

Persebaran Fauna di Indonesia

You May Also Like

About the Author: Literasi

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.