Apa itu Headhunting dan Bagaimana Cara Kerjanya?

cara kerja headhunter

Para manajer senior sebuah perusahaan merupakan figur kunci bagi kelancaran perusahaan, karena tindakan mereka memiliki peran yang menentukan dalam hasil organisasi dan kinerja dan kesehatan kerja para pekerja.

Karena perilaku mereka mempengaruhi seluruh staf, mereka memerlukan proses seleksi khusus ketika mereka dipekerjakan. Inilah yang disebut dengan Headhunting , proses seleksi personel yang ditujukan untuk para eksekutif atau manajer menengah suatu perusahaan.

Mencari profil manajemen senior

Seperti halnya perekrut TI saat ini (perekrut dengan spesialisasi teknis dalam kemajuan lingkungan teknologi), headhunter harus memiliki serangkaian keterampilan yang memungkinkan mereka untuk berspesialisasi dalam sektor ini .

Manajer senior dan menengah perusahaan berbeda dari profil pekerja lain karena mereka memungkinkan terciptanya organisasi yang berkelanjutan dan sukses dan pengaruh mereka di perusahaan lebih besar karena posisi yang mereka pegang. Para pekerja ini adalah nilai tambah yang nyata bagi perusahaan dan pilihan yang buruk mengandaikan pengeluaran anggaran yang besar.

Ketika memulai proses seleksi untuk posisi ini, headhunter harus mencari eksekutif yang sangat siap, dengan pengalaman yang luas , yang mampu memimpin tim kerja dan yang memiliki kepribadian yang fleksibel, bersosialisasi dan transformatif.

Proses yang lambat

Prosesnya bisa lambat karena tidak selalu mudah untuk menemukan profil dengan karakteristik ini , dan tingkat permintaan perekrut jenis ini jauh lebih tinggi karena pentingnya yang dimiliki pekerja (atau orang yang akan dipekerjakan) untuk perusahaan. .

Agar headhunter menjalankan proses yang sukses, ia harus mengetahui secara rinci persyaratan posisi dan organisasi, dan untuk meminimalkan kesalahan, ia harus bersama dengan kliennya menetapkan profil untuk dipilih, agar dapat mengetahui situasi dengan benar. dan kebutuhan perusahaan, lingkungan yang akan ditemukan kandidat dan masalah yang harus dipecahkan.

Profesionalisme, keseriusan, keterampilan sosial , keterampilan kepemimpinan, kepercayaan diri , kepribadian dinamis dan inisiatif perekrut sangat penting dalam jenis proses seleksi.

Bagaimana cara kerja headhunter?

Perburuan kepala biasanya merupakan pilihan yang dilakukan oleh perusahaan outsourcing, karena mempekerjakan manajer senior atau menengah memerlukan pekerjaan khusus. Ada beberapa perusahaan yang juga memiliki spesialisasi di berbagai sektor, misalnya bidang hukum atau teknologi baru. Namun, saat ini, headhunter memiliki spesialisasi di segala bidang.

Setelah mengetahui kebutuhan perusahaan, headhunter harus mencari orang yang tepat . Kandidat tidak hanya harus sesuai dengan persyaratan posisi atau tempat kerja, tetapi perekrut harus memperhitungkan seperti apa perusahaan itu (nilai-nilainya, cara kerjanya, dll) sehingga orang yang dipilih juga cocok di dalamnya.

Metodologi yang berbeda dengan proses seleksi klasik

Dalam proses seleksi headhunting, kandidat biasanya tidak dicari di antara CV yang dikirim ke perusahaan , melainkan pencarian aktif biasanya dilakukan untuk menemukan orang yang tepat.

Bahkan karena sulitnya menemukan profil khusus yang menawarkan jaminan, beberapa profesional di sektor ini menghubungi pekerja aktif, yang berada di perusahaan dengan tingkat aktivitas yang sama. Jika sebuah perusahaan sukses itu karena memiliki profesional yang mampu memimpin sebuah proyek.

Headhunter harus mengevaluasi kandidat secara menyeluruh

Jika kandidat tertarik, dia akan diwawancarai tidak hanya untuk menjelaskan tawaran itu , tetapi juga untuk mengetahui apakah motivasi dan kebutuhannya sesuai dengan posisi dan perusahaan yang menawarkan tawaran pekerjaan. Headhunter akan mengevaluasi kapasitas dan keterampilan kandidat berkat tes seleksi personel yang berbeda berdasarkan insiden kritis, kompetensi mereka, dan pencapaian serta hasil masa lalu mereka.

Singkatnya, sikap, motivasi, karakteristik kepribadian, nilai, dan, secara umum, keterampilan mereka dievaluasi secara mendalam.

Memilih kandidat yang tepat

Beberapa kandidat akan memenuhi persyaratan dan lainnya akan dibuang . Dalam beberapa kasus, headhunterlah yang membuat keputusan perekrutan. Namun, lebih sering daripada tidak, dia bekerja dengan perusahaan untuk memutuskan kandidat mana yang terbaik untuk menjalankan fungsi yang dibutuhkan perusahaan dan posisi tersebut.

Oleh karena itu, setelah perusahaan mengetahui kandidat yang mungkin menarik, headhunter menyarankan perusahaan untuk memutuskan siapa yang akan dipilih.

Keterampilan manajerial yang paling penting

Dan pemilihan jenis profesional ini harus dilakukan dengan mempertimbangkan kepentingan dan pengaruh yang mereka berikan di perusahaan. Ada banyak pembicaraan tentang perbedaan antara menjadi bos dan pemimpin , karena untuk menjadi manajer yang baik Anda harus menjadi pemimpin yang baik. Ini hanya dapat dicapai dengan menguasai serangkaian keterampilan manajerial, yang terlepas dari pengetahuan yang diperlukan tentang bidang di mana fungsi profesional harus dilakukan.

Seorang manajer mungkin seorang ekonom yang hebat, tetapi dia mungkin tidak memiliki seperangkat keterampilan yang membantu memotivasi timnya. Jadi, keterampilan manajerial apa yang harus dimiliki oleh manajemen puncak perusahaan?

  • Manajemen masalah: adalah kemampuan untuk mengelola dan menangani masalah secara efektif.
  • Percaya diri: itu adalah kunci untuk setiap hubungan interpersonal dan terutama untuk mengelola tim kerja.
  • Pengambilan keputusan: keterampilan yang diperlukan untuk keberhasilan perusahaan.
  • Ketegasan: Gaya komunikasi di mana pemimpin mengungkapkan pendapatnya sambil menghormati pihak lain.
  • Regulasi Emosional: Atasan harus cerdas secara emosional.
  • Keterampilan sosial dan komunikasi: mereka harus tahu bagaimana berkomunikasi dengan tepat.
  • Visi dan pemikiran strategis: Mereka harus tahu di mana perusahaan dan ke mana arahnya.

 

Apa itu Headhunting dan Bagaimana Cara Kerjanya?

You May Also Like

About the Author: Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.