Pengertian Ruang Dalam Ilmu Sosial

Keterkaitan Antar Ruang

Dalam ilmu sosial, pengertian ruang adalah seluruh permukaan yang menjadi tempat makhluk hidup. Tempat makhluk hidup itu bisa di dalam, di permukaan atau di atas permukaan bumi. Ruang meliputi dataran, lautan dan udara sebagai satu kesatuan wilayah.

Kita hidup didalam ruang. Dalam ruang terdapat sarana dan prasarana untuk mendukung kehidupan manusia. Sarana dan prasarana tersebut merupakan perpaduan antara unsur lingkungan alam dan lingkungan buatan.

Keterkaitan Antar Ruang

Manusia tinggal di lingkungan (ruang) yang beragam, ada yang tinggal di pegunungan, ada pula yang tinggal di pantai yang datar, atau di wilayah perbukitan. Keragaman tersebut memengaruhi kehidupan manusia. Akhirnya manusia menyesuaikan diri (adaptasi) dengan lingkungan tempat tinggal mereka. Daerah perbukitan, pantai, dataran rendah adalah salah satu contoh ketampakan alam.

Antara satu ruang dengan ruang lainnya terdapat keterkaitan. Maksudnya, satu ruang saling terhubung dengan ruang lainnya. Kejadian di satu ruang akan memengaruhi ruang lainnya.

Contoh antara satu ruang dengan ruang lainnya memiliki keterkaitan.

Bencana banjir bandang di Wasior (Papua) tahun 2010. Banjir bandang tersebut terjadi karena kerusakan hutan di Wasior. Hujan yang tidak kunjung berhenti menyebabkan sungai Batang Salai yang berhulu di pegunungan Wondiwoy meluap.

Tidak ada pepohonan yang mampu menyerap air karena hutan telah rusak. Sehingga akibatnya air bah menerjang daerah permukiman Wasior. Banyak bangunan yang hancur termasuk lapangan udara, rumah warga, rumah sakit, jembatan dan juga beberapa rumah ibadah.

Contoh lainnya yang berkaitan antar ruang adalah dalam kegiatan ekonomi masyarakat.

Hasil bumi dari sebuah desa di dataran tinggi seperti sayuran dan buah-buahan segar dibawa ke kota yang merupakan dataran rendah untuk dijual. Masyarakat kota membutuhkan hasil bumi sebagai bahan pangan. Sebaliknya masyarakat kota menghasilkan barang-barang seperti pakaian, barang elektronik, mobil dan sebagainya. Barang-barang tersebut di butuhkan masyarakat desa, sehingga jika kita amati antara dataran tinggi dan dataran rendah sebenarnya saling berhubungan.

 

Pengertian Ruang Dalam Ilmu Sosial

You May Also Like

About the Author: Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.