Memanfaatkan Energi Pasang Surut Air Laut

Energi Pasang Surut Air Laut

Saat air laut pasang dapat menghasilkan arus kuat (aliran air laut dalam arah yang berlaku) bersama beberapa garis pantai. Manusia telah berusaha untuk memanfaatkan energi kinetik dari pasang surut air laut selama ratusan tahun.

Memanfaatkan Energi Pasang Surut Laut

Perangkat yang digunakan untuk mengeksploitasi energi pasang surut air laut mungkin sistem berbasis pantai atau laut. Kedua sistem menggunakan kolom air yang berfluktuasi untuk menggerakkan bilah turbin dan menghasilkan listrik. Artinya, air di satu sisi bendungan lebih tinggi daripada di sisi lain. Saat air jatuh dari sisi tinggi bendungan ke sisi lainnya, turbin berputar dan menghasilkan listrik .

Rentetan adalah struktur seperti bendungan berbasis pantai yang dibangun melintasi muara bermulut sempit (bagian dari sungai di mana ia mendekati laut dan campuran air tawar dan air asin). Saat air pasang surut dan mengalir (bergerak masuk dan keluar) melalui terowongan di rentetan, air mengubah turbin besar seperti kipas dan menghasilkan listrik.

Pembuatan bendungan mahal dan dapat membahayakan kehidupan muara dengan membatasi aliran air di atas dataran pasang surut. Listrik yang dihasilkan oleh energi pasang surut tidak memiliki limbah atau emisi berbahaya seperti gas rumah kaca. Setelah dibangun, rentetan mudah dirawat dan murah untuk dijalankan.

Sistem berbasis laut termasuk pagar pasang surut dan turbin lepas pantai. Pagar pasang surut seperti pintu putar kereta bawah tanah raksasa yang dibangun di dasar laut antara daratan dan pulau atau antara dua pulau.

Ketika pagar pasang surut dibangun di badan air terbuka, air dipaksa untuk melewati gerbang turbin vertikal dan listrik dihasilkan. Pagar pasang surut dapat membatasi aliran pasang surut dan kemampuan satwa liar untuk melewatinya. Turbin lepas pantai seperti baling-baling raksasa yang ditempatkan di tiang besar yang diatur dalam garis melintasi dasar laut.

Arus laut mengalir melewati turbin dan menyebabkan baling-baling berputar dan menghasilkan listrik. Turbin lepas pantai seperti baling-baling raksasa yang ditempatkan di tiang besar yang diatur dalam garis melintasi dasar laut. Laut arus mengalir melewati turbin dan menyebabkan pisau untuk berputar dan menghasilkan listrik.

Turbin pagar pasang surut memiliki biaya awal yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan bendungan dan jauh lebih tidak berbahaya bagi lingkungan karena tidak membatasi arus pasang surut. Turbin pasang surut juga memungkinkan satwa liar dan perahu kecil melewati daerah tersebut.

Bilah turbin lepas pantai lebih kecil dan kurang terlindungi daripada yang ditempatkan di bendungan atau pagar pasang surut sehingga lebih rentan terhadap kerusakan akibat arus pasang surut yang kuat. Sistem berbasis laut jauh lebih murah untuk dipasang daripada bendungan, tetapi lebih mahal untuk dirawat karena lokasinya yang terpencil.

 

 

Memanfaatkan Energi Pasang Surut Air Laut

You May Also Like

About the Author: Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.