6 Kiat Sukses Jalani Diet Flexitarian, Cocok Untuk Siapapun

Diet Flexitarian

Blog Literasi. Memulai hidup sehat pastinya harus merubah pola makan, memang tidaklah mudah dalam merubah pola makan seseorang, sebab kebiasaan tersebut sudah menjadi suatu habits tersendiri. Nah ketika Anda ingin sukses menurunkan berat badan, maka harus mencoba menjalani pola diet flexitarian ini, tentunya harus mengubah pola makan agar lebih terjaga.

Walaupun pola diet flexitarian terbilang fleksibel (lebih leluasa), namun tidak harus sembarang makanan yang bisa dikonsumsi, ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi, ini bertujuan agar hasil proses yang dijalankan bisa lebih optimal.

Kiat Sukses Jalani Diet Flexitarian

Diet flexitarian terbukti ampuh dan aman dicoba bagi siapapun, tidak hanya mampu menurunkan berat badan saja, melainkan diet seperti ini dapat memberikan dampak baik untuk tubuh, seperti mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), menghindari risiko penyakit jantung, dan mengatasi diabetes.

Berikut ini adalah kiat sukses menjalani program diet flexitarian yang bisa Anda coba:

1. Mulai perlahan

Diet flexitarian memanglah sifatnya fleksibel, sebab Anda tidak dibatasi dalam mengkonsumsi ragam jenis makanan. Nah sebagai langkah pertama dalam menjalani semi diet vegetarian ini yaitu dengan memulainya secara perlahan.

Anda bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan, pastinya tetap perbanyak menu sayuran sebagai asupan nutrisi harian Anda, untuk camilan diganti dengan buah-buahan saja. Anda masih bisa mengkonsumsi daging seperti ikan sebagai asupan nutrisi asam lemak omega 3. Kuncinya kita tidak perlu merombak pola makan secara ekstrim, justru tidak baik untuk tubuh.

2. Hindari impulsif buying

Kiat kedua yang harus Anda ketahui adalah hindari impulsive buying, yakni kurangi berbelanja makanan kemasan yang mengandung kadar garam dan gula yang tinggi. Usahakan ketika Anda ingin merencanakan membeli suatu barang, buatlah perincian catatan terlebih dahulu, catat belanjaan yang benar-benar dibutuhkan.

3. Food preparation

Food preparation adalah cara yang efisien untuk dilakukan, cara ini memudahkan Anda dalam mempersiapkan makanan ketika ingin dimasak, jadi tidak ribet lagi. Silakan buatlah menu atau resep makanan yang ingin dimasak minggu depan, cuci dan potong sayuran tersebut, kemudian simpan di wadah yang bersih dan juga terpisah.

4. Buat batasan

Jika Anda menghindari makanan, ini pastinya dapat menahan godaan yang kuat, karena nantinya jika pembalasan, tentu saja makan tidak dapat terkendali, inilah yang menjadi penyebab mengapa program diet selalu gagal.

Sebagai solusi, buatlah batasan tanpa harus menghindari ketika ingin memakan sesuatu, ini merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam program diet. Misalnya bila terbiasa makan dalam porsi 4 potong, maka dikurangi menjadi 2 potong saja, sisa yang dikurangi tersebut, bisa Anda ganti dengan menambahkan sayuran.

5. Cari alternatif

Bila ingin mengkonsumsi makanan tertentu, usahakan cari alternatif makanan serupa lainnya, namun dengan kadar kalori yang rendah. Hal ini bertujuan supaya berat badan tidak naik, karena makanan tinggi kalori dapat menimbulkan timbunan lemak pada tubuh.

Contohnya saja, jika Anda ingin mengkonsumsi coklat, maka pilih alternatif coklat lainnya dengan kadar gula yang rendah. Kemudian jika ingin mengkonsumsi minuman jus jeruk, jangan pilih minuman kemasan, namun pilih jus asli tanpa gula.

6. Tambah banyak sayuran

Perlu diketahui sebelumnya bahwa menjalankan pola diet flexitarian lebih mengutamakan konsumsi sayuran terutama dari pangan-pangan nabati.

Sebagai solusi terbaik, silakan Anda rubah pola makan yang sebelumnya hobi makan gorengan berpindah ke menu sayuran. Cemilan juga jangan konsumsi snack, sebagai alternatif pilihlah buah-buahan.

Itulah artikel yang sudah kami bagikan kepada pembaca mengenai kiat kesehatan sukses jalani diet flexitarian. Bila Anda sedang ingin menurunkan berat badan, kuncinya hindari makanan manis dan gorengan, sebab makanan tersebut lebih banyak mengandung lemak jahat dibanding nutrisi yang baik.

 

Kiat Sukses Jalani Diet Flexitarian

You May Also Like

About the Author: Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.