12 Kunci Kesuksesan Manajemen Bisnis

Kunci Kesuksesan Manajemen Bisnis

Manajer atau atasan perusahaan adalah tokoh kunci untuk berfungsinya perusahaan dengan baik , karena tindakan mereka memiliki peran yang menentukan dalam hasil.

Selain itu, seperti yang ditunjukkan oleh banyak investasi, perilaku mereka mempengaruhi seluruh tenaga kerja dan kesehatan kerja mereka, yang berdampak kuat pada kinerja, produktivitas, dan, oleh karena itu, hasil perusahaan.

Perbedaan antara menjadi bos atau pemimpin

Menjadi manajer yang sukses bukan tentang menjadi bos tetapi tentang menjadi seorang pemimpin . Seorang bos memiliki wewenang atas timnya, tetapi itu tidak berarti dia tahu bagaimana mengelolanya. Untuk menjadi manajer yang baik, Anda harus menjadi pemimpin yang baik, dan itu dicapai dengan menguasai serangkaian keterampilan manajerial atau mengarahkan yang tidak dimiliki semua manajer.

Tindakan seorang manajer, seperti yang telah saya katakan, mempengaruhi produktivitas organisasi dan produktivitas karyawan. Juga untuk kesehatan mereka di tempat kerja, karena jika hubungan atasan-karyawan beracun, itu dapat menyebabkan fenomena berbahaya seperti stres, kelelahan , dan bahkan kebosanan . Pemimpin yang baik percaya diri, mereka meyakinkan dan tidak memaksakan, mereka membimbing dan mendengarkan pendapat karyawan mereka dan mereka tahu bahwa mereka adalah modal perusahaan yang sebenarnya.

Keterampilan manajerial atau arahan yang paling penting

Tapi apa keterampilan manajerial yang paling penting? Sikap atau keterampilan apa yang harus dimiliki pemimpin yang baik?

Pada baris berikut kami menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Pengetahuan diri

Salah satu keterampilan manajerial yang diperlukan adalah kesadaran diri, yaitu mengetahui diri sendiri, tujuan seseorang, pengalaman emosional seseorang, dan bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain.

Pengetahuan diri adalah dasar untuk dapat mengatur emosi Anda sendiri dan memiliki hubungan yang sukses dengan karyawan dan kolaborator Anda dimulai dari diri Anda sendiri. Anda tidak bisa menjadi pemimpin yang baik tanpa memimpin diri sendiri, dan untuk melakukan itu, Anda perlu mengenal diri sendiri secara menyeluruh.

2. Manajemen masalah

Perbedaan antara bos dan pemimpin banyak berkaitan dengan bagaimana kedua figur tersebut mengelola konflik . Konflik dan masalah dapat muncul dalam organisasi sehari-hari, tetapi cara menanganinya memiliki dampak besar pada cara penyelesaiannya. Sedangkan bos bisa menunjukkan siapa yang melakukan kesalahan, menghukum, membentak dan menunjuk pelakunya. Seorang pemimpin yang baik menghabiskan waktunya untuk mencoba memecahkan masalah dan, jika perlu, membantu orang yang mungkin menyebabkannya.

Manajemen pemecahan masalah, seperti keterampilan manajerial lainnya, dapat dilatih. Oleh karena itu, penting bagi para manajer untuk menerima pelatihan dalam pengetahuan tentang proses dan strategi untuk mengoptimalkan solusi. Dalam sebuah tim dan perusahaan, masalah akan muncul, terserah para pemimpin untuk menyelesaikannya dengan cara yang lebih tepat dan operasional.

3. Pengambilan keputusan

Manajer dan direktur harus, sebagai salah satu fungsinya, membuat keputusan bisnis (baik ekonomi dan strategis dan manajemen personalia) untuk kemajuan atau perilaku organisasi yang baik. Menguasai keterampilan ini diperlukan untuk kesuksesan Anda sendiri dan perusahaan.

4. Percaya diri

Kepercayaan diri adalah kunci dalam setiap hubungan interpersonal, dan terutama ketika mengelola kelompok orang. Tidak hanya pengetahuan diri yang penting dan mengetahui apa kekuatan dan kelemahan kita, tetapi kepercayaan pada diri kita sendiri dan kemungkinan kita sangat penting untuk berhasil memenuhi tujuan kita di perusahaan.

Sementara seorang bos mungkin memandang masalah yang sedang terjadi dengan rasa takut, tidak percaya, dan bahkan sikap yang mengancam, seseorang yang percaya pada dirinya sendiri memiliki kemampuan untuk mengelola lingkungan yang mengancam yang mungkin mengelilinginya dengan lebih baik .

5. Ketahanan

Resiliensi adalah kemampuan untuk menghadapi perubahan , yaitu kemampuan untuk beradaptasi dan bagaimana kembali normal setelah proses ini. Orang yang tangguh tumbuh melalui perubahan dan menggunakannya untuk mengembangkan dan meningkatkan aspek diri mereka. Dengan kata lain, mereka membuat yang terbaik dari setiap situasi yang mereka hadapi.

6. Ketegasan

Ketegasan adalah gaya komunikasi yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin , karena itu adalah kemampuan untuk mengungkapkan pendapat dengan benar, mempertahankan sudut pandang sendiri sambil menghormati pendapat orang lain.

7. Regulasi emosi

Manajer yang baik tahu bagaimana mengendalikan emosi mereka , karena mereka menyadari betapa menentukannya hal ini ketika berhubungan dengan orang lain. Pemimpin yang menguasai keterampilan ini dan memahami dengan benar serta mengelola perasaan mereka dan perasaan orang lain. Ini memungkinkan mereka untuk menyesuaikan perilaku, nada, dan pesan mereka tergantung pada keadaan.

8. Kemampuan untuk mendelegasikan

Salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki seorang manajer adalah kemampuan untuk mendelegasikan pekerjaan mereka kepada orang lain. Banyak manajer ingin segala sesuatunya dikendalikan sedemikian rupa sehingga mereka tidak dapat mendelegasikan tugas-tugas yang kurang penting yang menghabiskan waktu berharga. Penting untuk mengetahui prioritas tugas yang dapat diberikan dalam beberapa di antaranya. Pemimpin harus mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang kompeten yang membantunya meningkatkan kualitas pekerjaannya.

9. Keterampilan sosial dan komunikasi

Keterampilan sosial dan komunikasi sangat penting untuk dilatih sebagai seorang manajer , karena di bidang profesional mereka dapat menentukan apakah perusahaan tumbuh atau tidak. Mengetahui bagaimana berhubungan dengan orang lain, dengan mendengarkan secara aktif , dengan pikiran terbuka, dengan validasi emosional, dll., dan mengetahui bagaimana mengatakan dengan baik apa yang perlu kita sampaikan kepada anggota tim lainnya sangat penting untuk kelancaran perusahaan.

10. Visi dan pemikiran strategis

Manajer adalah ahli strategi dan harus memiliki visi yang jelas tentang perusahaan: di mana ia berada dan ke mana ia akan pergi . Dia bertanggung jawab atas keberhasilan jalan ini dan itu sangat tergantung padanya apakah tujuan yang ditetapkan tercapai atau tidak. Oleh karena itu, keterampilan pengetahuan diri juga berguna jika diterapkan pada organisasi (untuk mengetahui lingkungan dan momen di mana perusahaan berada), mengetahui bagaimana menafsirkan informasi saat ini dan memiliki kapasitas visioner dan antisipatif diperlukan untuk melakukan kinerja yang baik. pekerjaan Saya bekerja sebagai manajer.

11. Empati

Empati juga penting untuk berhubungan dengan orang lain dan menjadi pemimpin yang baik. Ini adalah salah satu kunci pengaturan emosi dan keterampilan penting jika kita ingin memahami tidak hanya kebutuhan karyawan kita, tetapi juga pelanggan kita.

12. Kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki seorang pemimpin untuk mempengaruhi pikiran anggota timnya, menyebabkan kelompok bekerja dengan motivasi menuju tujuan atau sasaran. Tidak semua gaya kepemimpinan positif dalam konteks apa pun, mereka bergantung pada jenis perusahaan, kepribadian kelompok, dan banyak variabel lainnya.

 

12 Kunci Kesuksesan Manajemen Bisnis

You May Also Like

About the Author: Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.