Pengertian, Sejarah dan Fungsi ISP (Internet Service Provider)

Internet Service Provider

Apa itu ISP – ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan yang menyediakan jasa internet dan sejenisnya kepada pelanggan-pelanggan. ISP pada awalnya sering dikenal sebagai jaringan telepon, karena ISP dulu hanya menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon saja. Tapi sekarang ISP sudah berkembang dan sudah bisa digunakan untuk teknologi seperti fiber optic dan wireless .

Sekarang anda sudah mengenal ISP bukan? selanjutnya anda harus mendengarkan tentang sejarah ISP di indonesia. Berikut penjelasanya.

Sejarah dan Perkembangan ISP di Indonesia

Bisnis di dunia internet sudah dikenal sekitar tahun 95-an yang dimualai dengan munculnya ISP (Internet Service Provider) yang menyediakan jasa Internet dengan bandwidth sebesar 14.4 kbps hingga 28.8 kbps.

Sampai akhir tahun 1999 jumlah ISP di Indonesia sekitar 55 ISP dari mulai yang belum beroperasi dan sudah beroperasi, kemudian di tahun 2001 jumlah ISP secara keseluruhan yang terdaftar di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sudah mencapai 155 ISP.

Memang bisnis ISP memilik prospek yang bagus. Saat ini semua bisnis yang berbasis Internet tidak akan berkembang apabila infastruktur dan koneksi ke Internet tidak dibangun terlebih dahulu, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

ISP yang pertama di Indonesia adalah Ipteknet (http://www.iptek.net.id/) yang beroperasi penuh awal 1994. Pada tahun itu juga P.T. IndoInternet (http://www.indo.net.id/) atau IndoNet yang dipimpin secara part-time oleh Sanjaya mulai beroperasi.

IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui mengenai kelemahan bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia pada waktu itu.

Oleh IndoNet Sambungan awal ke Internet dilakukan dengan menggunakan dial-up, sebuah cara yang cukup nekad. Sekarang ini Kantor IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI dan Sanjaya juga adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet pertama-tama menggunakan mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX.

Setelah itu ISP lain yang tidak lama menyusul setelah IndoNET adalah RadNet (http://www.rad.net.id/) dan masih banyak lagi.

Fungsi ISP

  • Sebagai perusahaan yang memberikan jasa yang berhubungan dengan internet.
  • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
  • Menyediakan modem untuk dial-up.
  • Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
  • Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
  • Memungkinkan seorang user menggunakan layanan Email (Surat elektronik).
  • ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Itulah pengertian, sejarah dan fungsi dari ISP atau Internet Service Provider. Semoga pengetahuan anda tentang internet semakin bertambah.

Faktor yang mempengaruhi Kecepatan internet

Kecepatan internet merupakan salah hal yang sangat penting untuk lancarnya anda berjelajah di internet. Bayangkan jika anda memiliki koneksi internet yang lemot dan kurang cepat, maka itu mungkin bisa membuat anda kesal dan mau membanting gadget anda sendiri.

Tapi, tahukah anda ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan internet, Faktor tersebut diantaranya:

1. Kecepatan Transfer data

Ya tentu saja, kecepatan transfer data memang untuk melonjaknya kecepatan internet. Oleh karena itu anda harus memilih provide/ISP yang memiliki kecepatan transfer data yang cepat, semisal XL, Telkomsel, dan untuk ISP semisal Telkom.

2. Bandwith

Bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati data bersama data-data yang ditransfer secara bersamaan. Biasanya sesuatu yang menyediakan bandwith besar atau tidaknya adalah Provider/ISP yang anda gunakan. Oleh karena itu pilihlah yang memiliki Bandwith yang besar.

3. Server Proxy

Server proxy adalah layanan yang menawarkan si pengguna untuk membuat jaringan komputer tidak langsung ke jaringan lainya. Ini juga sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet anda.

4. Backbone

Backbone adalah jaringan utama sebuah ISP. Jika sebuah ISP memiliki sebuah backbone, maka internet anda bisa menjadi lebih cepat karena si ISP memiliki jaringan utama.

5. Komputer yang digunakan

Komputer yang digunakan dapat mempengaruhi kecepatan akses internet. Intinya, Semakin bagus spesifikasi komputer yang digunakan maka koneksi internet akan semakin bagus juga.

6. Aplikasi browser yang digunakan

Browser merupakan aplikasi untuk berselancar di intermet. Aplikasi yang digunakan untuk browsing di internet juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet. Ada banyak sekali aplikasi browser saat ini.

Contohnya : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Netscape, Maxthon dan lainya. Semuanya memiliki keungulan dan kelemahan masing-masing.

 

ISP (Internet Service Provider)

You May Also Like

About the Author: Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.