Pengertian Akselerasi dalam Pendidikan

Akselerasi dalam Pendidikan

Ketika mendengar kata akselerasi pasti gambaran pertama yang muncul dalam benak adalah kecerdasan. Ya, akselerasi adalah percepatan, sehingga hanya orang yang mempunyai kemampuan di atas kebanyakan orang yang mampu melakukan akselerasi. Hal tersebut berlaku di akselerasi apapun.

Ketika akselerasi dihubungkan dengan sistem pendidikan, kata akselerasi akan menjadi simbol siswa yang memiliki kecerdasan, kemampuan, keteladanan dal lain sebagainya. adanya model akselerasi yang memungkinkan adanya percepatan ini sebenarnya bagaimana sistemnya? dan apakah ada dampak atas percepatan tersebut?

Pengertian Akselerasi Pendidikan

Program percepatan belajar atau yang biasa dikenal dengan istilah akselerasi (acceleration) merupakan pemberian pelayanan pendidikan seusai potensi kecerdasan dan bakat istimewa yang dimiliki oleh siswa.

Caranya, dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk dapat menyelesaikan program reguler dalam jangka waktu yang lebih singkat di banding teman-temannya yang lain. program ini cocok untuk siswa yang bertipe accelerated learning.

Colangelo menyebutkan bahwa ” istilah akselerasi menunjuk pada pelayanan yang diberikan (service delivery) dan kurikulum yang disampaikan (curriculum delivery)”.

Sebagai model pelayanan, akselerasi dapat diartikan sebagai model layanan pembelajaran dengan cara lompat kelas. misalnya, siswa yang memiliki kemampuan tinggi diberi kesempatan untuk mengikuti pelajaran kelas yang lebih tinggi.

Sementara itu, model kurikulum, akselerasi berarti mempercepat bahan ajar dari yang seharusnya dikuasai oleh siswa saat itu sehingga siswa bisa menyelesaikan studinya lebih awal. hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis materi yang esensial dan yang kurang esensial.

Menurut Sutratinah Tirtonegoro, “percepatan (acceleration) adalah cara penanganan anak super normal dengan memperbolehkan naik kelas secara melompat atau menyelesaikan program reguler ¬†dalam jangka waktu yang lebih singkat”.

Menurut Ulya Latifah Lubis “akselerasi sebagai program pelayanan yang diberikan kepada siswa dengan tingkat keberbakatan tinggiagar dapat menyelesaikan masa belajarnya lebih cepat dari siswa yang lain (program reguler)”.

Berdasarkan pengertian di atas dapat dipahami bahwa program layanan belajar yang diperuntukan bagi mereka yang memiliki kemampuan tinggi (anak berbakat/super normal) supaya dapat menyelesaikan studinya sesuai kecepatan dan kemampuannya.

Itulah sedikit pemaparan tentang pengertian dan definisi dari akselerasi. kelas khusus bagi yang memiliki kemampuan lebih atau anak supernormal dengan IQ yang tinggi.

 

Pengertian Akselerasi dalam Pendidikan

You May Also Like

About the Author: Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.