Pengertian Glosarium dan Cara Membuatnya

Pengertian Glosarium

Pengertian Glosarium secara umum adalah kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal yang di lengkapi dengan definisi dan artinya. Dapat dikatakan bahwa Glosarium itu merupakan daftar kata dengan definisi serta di lengkapi dengan penjelasan lain yang sesuai dengan bidangnya.

Istilah Glosarium berasal dari kata Yunani Glossa yang artinya Lidah. Dalam bahasa inggris juga di kenal istilah Glosarium yang di tulis glossarium. Dalam bahasa inggris selain glosarium, ada juga glossary dan glossaries. Jika Glosarium adalah kumpulan kata maka glossary adalah kata yang di kumpulkan dalam bentuk tunggal. Sedangkan glossaries adalah bentuk jamaknya.

Beberapa Pengertian dan Definisi Glosarium

Glosarium memiliki banyak pengertian, namun intinya adalah sama, yaitu kumpulan istilah dalam bidang tertentu. Berikut ini adalah beberapa pengertian dan definisi Glosarium dari berbagai artikel yang ada di Internet.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), definisi Glosarium adalah kamus ringkas yang berisi daftar kata dan penjelasannya dalam bidang tertentu. Glosarium berbeda dengan kamus.

Glosarium menurut Wikipedia adalah suatu daftar alfabetis istilah dalam suatu ranah pengetahuan tertentu yang dilengkapi dengan definisi untuk istilah-istilah tersebut.

Glosarium adalah susunan alfabetis dari terminologi-terminologi khusus yang digunakan dalam buku tersebut, yang disertai dengan definisi ataupun apa yang dimaksud penulis dengan penggunaan istilah terkait

Glosarium adalah kamus dalam bentuk yang ringkas atau daftar kata dengan penjelasannya dalam bidang tertentu.

Glosarium adalah suatu daftar yang memuat kata – kata yang belum pernah dilihat atau jarang terlihat  , biasanya terdapat pada akhir suatu buku.

Cara Membuat Glosarium

Siapa saja bisa membuat glosarium untuk di gunakan oleh diri sendiri maupun teman-temannya. Cara membuat glosrium sangat mudah. Langkah – Langkah Menulis Glosarium :

  • Menemukan istilah-istilah yang khas dalam suatu ruang lingkup/ bidang tertentu
  • Mencari pengertian dan definisi serta penjelasannya, bisa melalui kamus, buku-buku literatur ataupun searching di internet
  • Mengurutkan istilah-istilah tersebut secara alfabetis
  • Menuliskannya dengan menggunakan model kamus.

 

Pengertian Glosarium dan Cara Membuat Glosarium

You May Also Like

About the Author: Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.